≡ Menu

12 Tips Cara Diet Sehat Untuk Menguruskan Badan

Tips Cara Diet Sehat Untuk Menguruskan Badan

Tips Cara Diet Sehat – Menguruskan badan membutuhkan perubahan perilaku, gaya hidup dan konsistensi. Namun Anda tidak harus mencoba diet yang lagi trend, makan makanan buatan atau suplemen penurunan berat badan yang hanya dimaksudkan untuk penggunaan jangka pendek untuk menurunkan berat badan.

12 Tips Cara Diet Sehat Untuk Menguruskan Badan

Cara diet sehat untuk menurunan berat badan dapat dilakukan dengan mengubah perilaku dan membuat pilihan yang sehat. Berikut ini tips cara diet sehat untuk menguruskan badan.

1. Mulai Pelan-Pelan

Mengubah gaya hidup untuk menguruskan badan merupakan hal yang sulit dilakukan dan Anda tidak harus mengubah semua gaya hidup Anda sekaligus. Tidak ada cara cepat untuk menurunkan berat badan.

Mulailah dengan satu atau dua perubahan kecil, misalnya makan makanan sehat dan rajin berolahraga. Maka dengan sendirinya berat badan Anda akan turun secara berlahan.

2. Jangan Lupa Sarapan Sehat

Sarapan dapat membantu metabolisme bekerja sepanjang hari. Jika Anda melawatkan sarapan sehat, tubuh Anda akan mulai menyimpan lemak sebagai candang makanan.

3. Minum Banyak Air

Air putih bermanfaat untuk menghidrasi sel, membersihkan sitem pencernaan dan saluran kecing, beperan dalam metabolisme dan meningkatkan kerja sistem limfatik (getah bening) dalam membuang limbah, racun dan lemak dalam sel tubuh kita.

Minumlah minimal 8 gelas air putih setiap hari. Jika Anda suka, Anda bisa menambahkan irisan lemon atau jeruk nipis.

4. Perbanyak Serat

Serat bermanfaat untuk memperlambat pecernaan, membersihkan limbah, menghilangkan racun, menyingkirkan kolesterol dan sekaligus mengeluarkan energi.

Dengan makan banyak serat dapat mengurangi nafsu makan sehingga Anda akan makan lebih sedikit dan tetap keyang.

– Serat larut, ditemukan dalam mentimun, blueberry dan kacang-kacangan.

– Serat tidak larut, ditemukan dalam makanan seperti sayuran berdaun hijau gelap, buncis, seledri, dan wortel.

5. Perbanyak Protein Tanpa Lemak

Dibutuhkan banyak energi untuk mencerna protein, ini menciptakan efek termal. Yang berarti tubuh Anda membakar lebih banyak kalori selama berjam-jam setelah Anda makan protein tanpa lemak.

Makanan yang mengandung banyak protein diantaranya daging sapi, daging ayam, seafood, telur, kacang-kacangan, dan kedelai.

6. Hindari Makanan Ringan

Keripik, kue, biskuit dan makanan ringan sejenis, semuanya mengandung kalori dalam porsi kecil. Makanan ringan juga bikin ketagihan, sehingga Anda sulit berhenti ngemil makanan ini, efeknya kalori porsi kecil ini semakin menumpuk, sehingga berat badan Anda susah turun.

Ganti makanan ringan dengan buah seperti apel, berry, pisang, pepaya atau dengan sayuran seperti timun.

7. Kurangi Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji menghadirkan lebih banyak kalori dibandingkan dengan makanan rumahan. Makanan cepat saji biasanya mengandung lebih banyak lemak, karbohidrat dan bahan kimia.

8. Buang Makanan Yang Tidak Sehat

Jika Anda masih menyimpan makanan yang tidak sehat, kemungkinan besar Anda akan memakannya. Jadi buanglah makanan yang kurang sehat seperti makanan ringan, mie instan, dll dan ganti dengan buah, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijan.

9. Lebih Aktif Bergerak

Aktifitas yang dapat meningkatkan denyut jantung seperti jalan cepat, jogging, berlari, bersepeda atau berenang, yang dilakukan selama 20 sampai 45 menit sudah cukup untuk menguruskan badan tanpa mengubah gaya hidup dan diet.

10. Latihan Kekuatan

Latihan kardio bukan satu-satunya cara untuk menurunkan berat badan. Otot membakar lebih banyak kalori, semakin banyak otot yang Anda bangun semakin banyak lemak yang terbakar.

11. Jangan Makan Larut Malam

Sitem pencernaan dan metabolisme akan melambat ketika Anda tidur, jadi hindari makan larut malam. Selain menyebabkan berat badan naik, makan larut malam juga bisa mengakibatkan mulas dan sembelit.

12. Kelola Stres

Ketika stres, tubuh kita akan mengeluarkan hormon kortisol. Hormon ini dapat menyebabkan nafsu makan meningkat. Hormon ini bisa mengakibatkan pola makan kompulsif yang menyebabkan naiknya berat badan.

Related Post
{ 1 comment… add one }

Leave a Comment