≡ Menu

Cara Diet yang Benar dan Sehat, Cepat Turunkan Berat Badan

Cara diet yang benar dan sehat turunkan berat badan dengan cepat

Cara diet yang benar dan sehat turunkan berat badan dengan cepat. Cara diet yang benar dan tepat adalah dengan mempertahankan keseimbangan nutrisi yang kita butuhkan seperti mineral maupun vitamin.

Nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita tidak boleh dihilangkan begitu saja karena dapat membahayakan kesehatan tubuh.

Agar berat badan bisa turun dan agar dia tidak membuat kamu menjadi sakit, berikut adalah beberapa diet yang benar dan sehat sesuai aturan menurut Webmd.com

Hindari diet yang membuatmu sakit

Banyak jenis diet, terutama diet ketat yang mensyaratkam mengurangi jumlah asupan kalori secara dramatis.

Namun sayangnya, diet ini bisa menyebabkan perasaan tidak nyaman dan menyebabkan beberapa anggota tubuh tidak bekerja dengan baik.

Biasanya hal tersebut disebabkan karena kekurangan tenaga dan karena nutrisi yang tidak seimbang sehingga menyebabkan kesehatan memburuk dalam jangka panjang.

Jangan mengurangi asupan makanan yang dibutuhkan tubuh

Banyak orang percaya bahwa dengan mengurangi atau menghilangkan sama sekali makanan-makanan seperti daging, nasi, susu, dan ikan atau kelompok makanan tertentu dapat membantu mereka menurunkan berat badan dengan cepat.

Akan tetapi, mengurangi atau menghindari makanan tertentu sebenarnya dapat menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi serta vitamin yang dibutuhkan.

Itulah sebabnya mengapa orang yang melakukan diet dengan menghilangkan makanan tertentu yang dibutuhkan oleh tubuh sering kali terlihat lesu, tidak bersemangat, wajahnya pucat, atau bahkan terlihat telmi.

Inti dari diet yang benar dan sehat

Kita akan mengalami kenaikan berat badan apabila jumlah kalori yang kita konsumsi melebihi jumlah kalori yang kita bakar melalui kegiatan sehari-hari yang normal atau melalui olahraga (latihan).

Jadi memang satu-satunya cara untuk menurunkan berat badan secara sehat dan untuk mempertahankan berat badan ideal, kamu harus melakukan perubahan kecil pada beberapa hal seperti, mengurangi jumlah makanan yang membuatmu mengalami kenaikan berat badan salah satunya adalah sumber kalori.

Caranya, kamu setidaknya harus minum minuman rendah lemak seperti susu rendah lemak merek seperti air putih.

Selain itu mengurangi gula pada teh dan kopi yang kamu minum setiap hari akan membantumu menurunkan berapa kalori setiap hari.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah poin penting yang harus kamu jalani pada saat melakukan diet.

1. Terapkan pola makan sehat

Menurut WebMD Weight Loss Clinic, makanan yang sehat merupakan makanan yang tidak terlalu banyak diproses seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, susu rendah lemak, seafood, kacang-kacangan, dan daging tanpa lemak. Makanan ini sangat bagus untuk kesehatan dan dapat membantu menurunkan berat badan.

Utamakan makanan-makanan yang bisa mengenyangkan dan memberikan rasa kenyang dalam waktu yang lama agar kamu tidak makan terlalu banyak kalori.

Beberapa makanan tersebut diantaranya adalah makanan yang banyak mengandung serat seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian dan berbagai jenis kacang-kacangan.

Namun seperti yang telah disampaikan sebelumnya, bahwa protein rendah lemak juga dibutuhkan untuk memperlancar pencernaan agar kotoran di dalam tubuhmu bisa dikeluarkan dengan baik.

Beberapa makanan yang dibutuhkan untuk hal tersebut diantaranya adalah susu, kedelai, ikan, dan daging. Namun selalu ingat bahwa, protein dibutuhkan hanya sedikit saja setiap hari dan jangan berlebihan.

2. Lakukan perubahan kecil terlebih dahulu

Diet yang benar dan sehat terlebih dahulu diawali dengan melakukan perubahan kecil pada pola makan yang kamu terapkan setiap hari.

Jangan pernah merombak secara ekstrim pola makanmu untuk membuat perubahan dalam waktu singkat karena hal tersebut bisa sangat berbahaya dan justru bisa membuatmu sakit.

Cara paling baik adalah dengan menekan jumlah kalori yang kamu asup setiap hari, kemudian cobalah untuk menguranginya sedikit demi sedikit.

Jika selama ini kamu makan 15 sendok nasi, 2 sendok gula untuk kopi atau teh, untuk memulai, kamu bisa melakukan perubahan dengan mengurangi jumlah nasi menjadi 12 sendok dan gula menjadi 1 sendok.

Secara bertahap, kamu akan mengalami penurunan berat badan dan jika kamu bisa meningkatkannya misalnya dengan memotongnya menjadi setengah atau menghilangkan sama sekali gula, kamu akan mendapatkan berat badan yang kamu inginkan dalam waktu cepat.

Namun ingat, nasi yang merupakan sumber karbohidrat sederhana harus digantikan dengan makanan yang menjadi sumber karbohidrat kompleks agar memberikan manfaat yang lebih baik serta tetap membuatmu bertenaga.

Beberapa pengganti nasi yang baik di antaranya adalah:

  • Jagung
  • Kentang
  • Brokoli
  • Kacang hijau
  • Lobak
  • Labu kuning

3. Jangan memakan terlalu banyak makanan olahan

Berbagai jenis makanan olahan seringkali berpotensi mengandung beberapa bahan tidak sehat termasuk pengawet, sumber kalori seperti gula, dan lain-lain.

Diantara makanan-makanan tersebut adalah es krim, atau hampir semua makanan kemasan yang biasanya kamu temukan di toko-toko atau di pasar.

Mulai saat ini, cobalah untuk menguranginya, dan beralihlah ke makanan-makanan yang lebih alami dan tidak diolah.

Contohnya, kamu bisa mengganti cemilan keripik kentang atau makanan tidak sehat lainnya dengan:

  • Telur rebus
  • Alpukat
  • Mangga
  • Pisang
  • Pepaya

4. Jangan sampai kamu mengalami dehidrasi

Diet tetap diet, namun kamu tetap harus memperhatikan kondisimu. Jika kamu merasa tidak 100% fit, kemungkinan besar kamu mengalami dehidrasi karena kekurangan cairan.

Air putih adalah minuman sehat tanpa lemak atau bebas lemak dan bebas dari kalori. Minuman ini  apabila dikonsumsi dapat membantu kita menurunkan berat tubuh karena minum satu gelas air dapat membantu membakar kalori antara 24% hingga 30%. Jadi, saat diet, tetaplah terhidrasi dengan cara minum banyak air putih.

5. Jangan lupakan serat

Cara diet yang tepat selanjutnya adalah dengan tidak melupakan serat yang berasal dari buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan atau dari biji-bijian.

Pada saat melakukan diet, kamu harus mulai mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran, serta kacang-kacangan setiap hari.  Karena makanan-makanan tersebut banyak mengandung antioksidan, vitamin C, dan kalium yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh.

Related Post
{ 0 comments… add one }

Leave a Comment