4 Tips Cara Meningkatkan Metabolisme Secara Alami dan Cepat

Bagaimana cara cepat dan sehat meningkatkan metabolisme untuk diet menurunkan berat badan? Berikut ini tips cara meningkatkan metabolisme tubuh secara alami.

1. Hindari Diet Rendah Kalori

Diet rendah kalori adalah mengkonsumsi makanan tanpa lemak dan tanpa karbohidrat. Ini merupakan kesalahan pertama yang sering dilakukan oleh banyak orang ketika mereka berusaha menurunkan berat badan, kenapa? Simak alasannya berikut ini:

  • Kebutuhan kalori minimum
    Menurut para ahli gizi, kebutuhan kalori minimum yang harus dipenuhi setiap hari adalah antara 1.000 sampai 1.200 kalori. Jika kita makan kurang dari jumlah tersebut, maka metabolisme akan melambat. Efeknya berat badan susah turun dan bisa berdampak pada kesehatan kita.
  • ¬†Glukosa
    Diet ketat menghalangi kita memenuhi asupan kadar glukosa yang tepat. Glukosa sangat dibutuhkan oleh otak, otot dan tubuh kita agar bisa bekerja dengan baik.
  • Kehilangan massa otot
    Diet ketat menyebabkan kita merasa sangat lapar, efeknya tubuh kita akan mengambil makanan dari otot kita. Dan bila diet ini dijalankan dalam jangka panjang, maka tubuh akan mengambil makanan yang dibutuhan oleh sel paru-paru dan jantung.

2. Sarapan untuk Meningkatkan Metabolisme

Sarapan sangat penting untuk memulai metabolisme tubuh kita. Selain itu, sarapan sehat merupakan salah satu cara terbaik untuk menurunkan berat badan. Sarapan seperti apa yang bisa meningkatkan metabolisme?

  • Sarapan 1 jam setelah bangun tidur. Jika lebih dari 1 jam, maka metabolisme kita akan melambat dan apa pun yang Anda makan biasanya akan disimpan dan tidak terbakar.
  • Minum segelas air hangat yang di campur dengan air lemon saat perut kosong. Minuman ini dapat mendetoksifikasi tubuh dan memberikan banyak vitamin penting. Setelah itu, tunggu 15-20 menit sebelum sarapan.
  • Sertakan protein dalam sarapan Anda. Protein menguatkan otot dan memberikan energi yang dibutuhkan tubuh untuk memulai hari. Makanan apa saja yang dapat membantu mempercepat metabolisme?
    – Teh hijau
    – Teh putih
    – Jahe
    – Kopi hitam
    – Kopi hijau
    – oatmeal
    – Telur
    – Bayam
    – Yoghurt alami
    – Apel hijau
    – Pir
    – Grapefruit
    – Kacang kenari
    – Alpukat

3. Olahraga

Salah satu olahraga yang sederhana dan mudah di jalankan untuk membantu meningkatkan metabolisme dan membakar lemak adalah berjalan dan lari. Namun jika Anda ingin hasil yang maksimal, maka bisa kombanasikan dengan latihan lainnya.

Berikut ini kombinasi latihan yang sangat efektif untuk mempercepat metabolisme dan menurunkan berat badan:

– Berjalan selama 30 menit.
– Lari selama 10 menit.
– Latihan kardiovaskular lainnya, seperti aerobik 20 menit.

4. Makan Porsi Kecil 5-6 Kali Sehari

Jika kita secara genetik mewarisi metabolisme yang lambat, kesalahan terbesar yang kita lakukan ketika ingin menurunkan berat badan adalah tidak makan.

Dengan memilih untuk tidak makan malam atau sarapan, tubuh Anda akan masuk ke dalam mode “alarm” dan memutuskan untuk menyimpan lemak karena tidak menerima nutrisi yang cukup. Namun, jika kita makan dalam porsi kecil sebanyak 5 atau 6 kali sepanjang hari, tubuh kita akan menemukan keseimbangan yang baik.

Anda bisa dengan cepat meningkatkan metabolisme dan menurunkan berat badan dengan makan sayuran segar, protein sehat, dan lemak sehat seperti minyak ikan dan salmon. Dan jangan lupa minum air putih setidaknya 6 sampai 8 gelas setiap hari.

One Response

Reply