≡ Menu

Tips Diet Sayuran: Cara Sehat dan Alami Kuruskan Badan

Tips-Diet-Sayuran-Cara-Sehat-dan-Alami-Kuruskan-Badan

Tips diet sayuran, cara sehat dan alami kuruskan badan. Seperti yang disarankan para ahli, cara terbaik untuk menurunkan berat badan adalah makan sayuran, kenapa? Karena sayuran mengandung sejumlah serat, air, dan rendah kalori yang sangat bagus untuk tubuh kita.

Selain itu, tentu saja sayuran banyak mengandung mineral, antioksidan, fitokimia, dan vitamin. Sehingga tidak mengherankan apabila rajin mengkonsumsi sayuran setiap hari dapat membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh.

Menjalani diet dengan mengkonsumsi sayuran dapat membantu menurunkan berat badan dalam waktu cepat, melancarkan pencernaan, dapat membantu mempercepat penyembuhan, mengurangi terjadinya berbagai penyakit, dan tentu saja memberikan banyak keuntungan lainnya.

Keuntungan diet dengan sayuran

Beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan saat melakukan diet sayuran karena memiliki banyak kandungan air dan serat yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Selain itu sayuran juga dapat memberikan rasa kenyang sehingga mencegah kita makan secara berlebihan, bisa memperlancar pencernaan, dan tentu saja karena sayuran tidak mengandung lemak.

Tidak hanya sayuran yang sudah direbus, namun sayuran yang dimakan mentah juga sangat dianjurkan mengingat manfaatnya yang cukup baik untuk mencegah penyakit jantung, mencegah penyakit stroke dan berbagai jenis kanker.

Diantara beberapa sayuran yang bisa digunakan untuk diet antara lain:

1. Asparagus

Sayur-asparagus-untuk-dietSayuran berbentuk panjang ini merupakan sayuran terbaik untuk diet yang dapat menunda rasa lapar dan bisa memberikan rasa kenyang lebih lama.

Asparagus adalah yang paling efektif untuk menurunkan berat badan dan memiliki banyak kandungan nutrisi serta vitamin.

Selain itu, sayuran ini juga dapat membantu kita mengeluarkan racun dari dalam tubuh karena berfungsi sebagai detox.

2. Brokoli

Sayur-brokoli-untuk-diet-sehatBrokoli masuk ke dalam salah satu sayuran bertepung yang memiliki kandungan karbohidrat sehingga bisa dijadikan sebagai pengganti nasi.

Namun tentu saja kamu tidak dianjurkan untuk sama sekali menghilangkan nasi dari menu makanan sehari-hari jika kamu sudah terbiasa makan nasi.

Karena menghilangkan nasi sama sekali dapat membuatmu mengalami beberapa masalah seperti lesu, atau bahkan kehilangan energi.

Brokoli bisa dikonsumsi dengan cara direbus, atau dijadikan sayuran. Brokoli juga sangat baik apabila dijadikan sebagai jus segar dan dikonsumsi setiap pagi.

Brokoli tidak memiliki lemak dan mengandung 60% karbohidrat, 40% protein dan sejumlah air, mineral serta vitamin.

Beberapa kandungan lain yang dimiliki oleh brokoli diantaranya adalah, vitamin E, riboflavin, thiamin, asam folat, kalsium, magnesium, zat besi, selenium, dan fosfor.

3. Bayam

Sayur-bayam-untuk-diet-alamiBayam adalah sayuran lain yang dapat digunakan dalam diet untuk menurunkan berat badan.

Bayam cukup populer karena mengandung sejumlah vitamin dan nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, dan vitamin B6.

Kandungan mineral yang ada pada bayam antara lain, kalium, tembaga, mangan, sholat, kalsium, zat besi, magnesium, dan fosfor.

Bayam kaya akan air dan tinggi serat sehingga tidak menyebabkan retensi air. Mengkonsumsi sejumlah bayam setiap hari pada saat makan akan membantumu menurunkan berat badan dalam waktu singkat.

Selain itu, bayangan juga bisa dijadikan sebagai campuran untuk membuat jus brokoli mentah.

4. Kacang

Kacang-kadangan-untuk-diet-sehatKacang termasuk ke dalam kelompok kacang-kacangan, akan tetapi bisa juga dijadikan sebagai sayuran.

Kacang sudah pasti banyak mengandung protein, mengandung vitamin A, vitamin K, vitamin C dan beberapa mineral. Selain itu, kacang dianggap sebagai salah satu makanan berserat tinggi.

Tidak heran apabila banyak orang yang ingin cepat langsing mengandalkan kacang setiap hari untuk melancarkan pencernaan.

Kacang bisa dikonsumsi dalam keadaan mentah atau bisa juga dikonsumsi dalam keadaan masak setelah direbus.

Makanan yang direbus bisa membantu menurunkan berat badan karena biasanya banyak mengandung serat.

5. Wortel

Sayur-wortel-untuk-diet-turunkan-berat-badanSayuran untuk diet yang lainnya adalah wortel. Wortel mengandung sodium, serat, protein dan berbagai vitamin seperti vitamin C dan vitamin A.

Salah satu manfaat wortel apabila dikonsumsi setiap hari adalah dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan karena kandungan fiber-nya yang sangat tinggi.

Selain itu, wortel juga bisa dijadikan sebagai cemilan sehat yang dikonsumsi disela-sela waktu makan untuk menjauhkan rasa lapar agar kamu tidak makan secara berlebihan.


Tips diet sayuran

A. Hindari nasi di malam hari

Pada saat makan malam, cobalah untuk mengganti nasi putih dengan menggunakan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti kentang.

Kentang rebus dianggap sebagai pengganti terbaik untuk nasi karena mengandung sejumlah vitamin dan mineral disamping karbohidrat.

Jumlah karbohidratnya yang sangat sedikit, tidak sebanyak nasi. Kentang akan membuat tubuh kita tetap berfungsi dengan baik, tidak kelaparan namun, juga tidak kelebihan kalori.

Agar tidak lapar, kamu juga sebaiknya makan sayuran dan buah-buahan di malam hari. Ini adalah cara terbaik menurunkan berat badan dalam waktu singkat.

B. Jangan lupakan lalapan

Berbagai jenis sayuran yang bisa dimakan mentah sebenarnya juga dapat memberikan efek yang lebih baik apabila digunakan untuk diet menurunkan berat badan.

Beberapa jenis sayuran mentah yang bisa kamu konsumsi setiap hari agar langsing diantaranya adalah mentimun, daun kemangi, kol, kacang panjang, dan brokoli.

C. Banyak minum air putih

Saat diet,  jangan pernah melewatkan waktu makan karena hal tersebut akan menyebabkanmu kelaparan.

Kelaparan bisa membuat kita panik dan ingin segera makan apapun yang dapat mengenyangkan. Kondisi tersebut seringkali membuat kita kelepasan dan makan berlebihan.

Tips terakhir yang tidak boleh kamu lupakan adalah air putih. Air putih bisa membantu membakar kalori setidaknya 24% hingga 30% setelah 1 jam meminumnya.

Selain itu, minum air putih satu gelas sebelum makan akan membantumu merasa kenyang lebih cepat.

Related Post
{ 0 comments… add one }

Leave a Comment