≡ Menu

Daftar Makanan untuk Diet Menurunkan Berat Badan

Daftar Makanan untuk Diet Menurunkan Berat Badan

Daftar makanan untuk diet menurunkan berat badan. Ada beberapa buah-buahan dan sayuran yang dianggap sebagai sumber karbohidrat kompleks yang bisa memberikan kita tenaga sekaligus berbagai jenis vitamin dan mineral yang kita butuhkan.

Dengan mengurangi jumlah sumber makanan yang mengandung karbohidrat sederhana seperti nasi, roti, atau pasta, maka kita memiliki kesempatan lebih besar untuk menurunkan berat badan dalam waktu cepat.

Bagi kamu yang ingin mengetahui beberapa makanan untuk diet (1) yang paling baik dan paling sehat, berikut adalah beberapa diantaranya.

1. Makanan yang kaya air

Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Tokyo menemukan bahwa, wanita yang rutin mengkonsumsi makanan yang tinggi kadar airnya memiliki Indeks Massa Tubuh yang lebih rendah serta lingkar pinggang yang lebih kecil.

Tentu saja makanan yang banyak mengandung air adalah buah-buahan dan sayuran.

Diantara beberapa buah-buahan dan sayuran yang dianggap sebagai makanan terbaik untuk diet adalah, alpukat yang banyak mengandung lemak tak jenuh atau yang disebut dengan lemak sehat.

Selain itu buah-buahan seperti apel, mangga, lemon, melon, dan berbagai jenis buah berry dianggap sebagai buah terbaik untuk diet.

2. Telur

Banyak orang cenderung menghindari telur karena takut terkena kolesterol. Namun, beberapa studi menunjukkan bahwa kandungan kolesterol pada telur tidak menyebabkan serangan jantung dan bahkan efeknya sangat kecil terhadap perubahan kolesterol di dalam tubuh.

Sebaliknya, telur adalah sumber protein sekaligus lemak sehat yang dapat membuat perut terasa lebih kenyang dalam waktu lama dan bisa membantu menurunkan berat badan. Idealnya, telur sebaiknya dikonsumsi pada saat sarapan. Dan telur rebus lebih baik dibandingkan telur yang digoreng.

Atau, bisa juga dijadikan sebagai cemilan sehat yang dikonsumsi di sela-sela antara sarapan dan makan siang yang akan membantu mengurangi rasa lapar sehingga pada saat makan siang menjelang, kamu tidak akan makan berlebihan.

3. Sayuran berdaun hijau

Ada banyak diantara kita yang tidak menyukai berbagai jenis sayuran, terutama sayuran berdaun hijau. Padahal, manfaatnya sungguh luar biasa bagi tubuh kita.

Sayuran dianggap sebagai sumber vitamin dan mineral terbaik yang setidaknya harus dikonsumsi satu porsi setiap hari.

Beberapa daftar sayuran terbaik untuk diet diantaranya adalah: bayam, brokoli, wortel, kubis, dan kubis brussel.

Selain dimakan dalam keadaan masak, sebenarnya sayuran seperti brokoli juga baik apabila dikonsumsi dalam keadaan segar atau mentah.

Kamu bisa menjadikannya sebagai jus sayuran dan dicampurkan dengan madu atau dicampurkan dengan sayuran lain untuk membantu melancarkan pencernaan serta bermanfaat juga untuk mempercepat penghapusan lemak dari tubuh.

4. Ikan

Ikan adalah sumber protein sekaligus lemak tak jenuh. Salah satu bentuk lemak baik pada ikan adalah asam lemak omega-3. Namun selain mengandung lemak, ikan dianggap sebagai sumber yodium dan nutrisi yang akan menyehatkan tubuh.

Ikan terbaik untuk diet adalah ikan salmon. Namun jika kamu kesulitan menemukan ikan salmon, tidak ada salahnya untuk menggantikan ikan salmon dengan ikan sarden, ikan herring, ikan makarel, atau ikan tuna.

5. Kentang rebus

Untuk makan malam, jika kamu bisa menghindari nasi, cobalah menggantinya menggunakan kentang rebus.

Kentang dianggap sebagai salah satu makanan terbaik untuk menurunkan berat badan dan untuk menjaga kesehatan. Ada berbagai nutrisi yang terkandung di dalam kentang selain karbohidrat.

Kentang banyak mengandung kalium, bisa memberikan rasa kenyang lebih lama, dapat membantu mengontrol tekanan darah, serta dapat dijadikan sebagai sumber serat untuk menurunkan berat badan. Beberapa makanan lain yang setara dengan kentang diantaranya adalah, lobak dan ubi jalar.

6. Kacang-kacangan

Ada banyak jenis kacang-kacangan yang bisa kita temukan dengan mudah di pasar seperti kacang tanah, kacang polong, kacang merah, kacang hitam, dan lain-lain.

Hampir semua jenis kacang-kacangan termasuk juga kacang panjang, kacang buncis, lentil, dan kecambah, banyak mengandung protein dan kaya akan serat.

Itulah sebabnya mengapa makanan yang berasal dari kacang-kacangan bisa membantu menyehatkan usus, melancarkan pencernaan, dan dapat membantu mengurangi lemak di perut.

7. Makanan pedas

Makanan pedas dianggap sebagai salah satu makanan terbaik untuk diet sehat lainnya yang efektif dalam menurunkan berat badan atau untuk membakar lemak. Makanan pedas bentuknya bermacam-macam, mulai dari, paprika, cabe, lada, dan lain-lain.

Makanan pedas sebaiknya tidak dikonsumsi terlalu banyak pada malam hari karena dapat menyebabkan gangguan tidur. Namun apabila dikonsumsi di waktu-waktu yang lain, makanan pedas akan sangat bermanfaat untuk diet, terutama apabila dimakan pada siang hari.

8. Berbagai minyak sehat

Banyak orang tidak menyadari bahwa minyak yang digunakan untuk menggoreng berbagai jenis makanan adalah sumber lemak trans atau lemak tidak sehat atau lemak jenuh di tubuh kita.

Agar kamu tetap bisa menikmati berbagai jenis makanan enak yang digoreng, tidak ada salahnya menggunakan minyak goreng alternatif seperti, minyak kelapa murni, minyak zaitun, atau minyak almond.

Berbagai jenis minyak tersebut dianggap lebih baik untuk mengontrol berat badan dibandingkan dengan minyak minyak yang sering kita gunakan untuk memasak dan menggoreng makanan sehari-hari.

9. Yogurt

Makanan yang banyak mengandung probiotik atau bakteri baik makanan yang menyehatkan usus sekaligus dapat melancarkan pencernaan. Dengan begitu, sisa-sisa kotoran bisa dibuang (BAB) lebih rutin dan lebih bersih dari usus.

Dampak dari makanan yang banyak mengandung bakteri baik tersebut, tidak hanya menyehatkan usus dan menurunkan berat badan, melainkan juga dapat melindunginya dari berbagai jenis kanker, mendapat menurunkan resiko obesitas serta diabetes.

Related Post
{ 0 comments… add one }

Leave a Comment