≡ Menu

Cara Diet Teh Hijau: Manfaat dan Aturan Minumnya

Manfaat Teh Hijau Untuk Diet dan Aturan Minumnya

Teh hijau bermanfaat untuk menurunkan berat badan dengan cara yang efektif seperti mempercepat metabolisme dan meningkatkan rasa kenyang. Penelitian membuktikan bahwa orang yang minum teh hijau dua sampai enam kali sehari selama lebih dari 3 bulan, berat badannya turun sampai 5%.

Sekilas tentang teh hijau

Teh hijau dihasilkan dari daun teh yang dikukus, tidak seperti teh hitam dan teh oolong yang menggunakan proses fermentasi.

Pengolahan dengan cara dikukus melindungi senyawa epigallocatechin gallate (EGCG). EGCG merupakan antioksidan yang menjadikan teh hijau memiliki banyak manfaat kesehatan. Satu cangkir teh hijau mengandung sekitar 100-200 miligram EGCG.

Teh hijau mengangdung katekin, kafein, Vitamin C, Vitamin B kompleks, Vitamin E, Gamma Asam butirat Asam (GABA), Flavonoid, Polisakarida, Fluoride dan Theanine (asam amino).

Bagaimana teh hijau bekerja?

Banyak penelitian membuktikan bahwa minum teh hijau dapat memberikan efek positif pada pada berat badan kita dan kesehatan secara umum.  Penelitian ini menunjukkan manfaat teh hijau untuk diet, membantu mengurangi berat badan dengan cara:

1. Meningkatkan metabolisme, membakar lebih banyak kalori.
2. Meningkatkan kemampuan tubuh untuk membakar lemak.
3. Menghambat perkembangan sel lemak

Berapa banyak minum teh hijau?

Teh hijau mengadung antikosidan ajaib yang disebut epigallocatechin gallate (EGCG) yang dapat meningkatkan metabolisme, menghambat pertumbuhan sel lemak dan mengurangi nafsu makan. Jadi berapa banyak teh hijau yang harus diminum untuk menurunkan berat badan? 3-6 cangkir teh hijau tanpa gula dalam sehari sudah cukup untuk menurunkan berat badan.

Teh hijau jenis apa yang bagus?

Matcha merupakan teh hijau terbaik untuk menurunkan berat badan, kenapa? Karena teh hijau matcha mengandung lebih banyak nutrisi dan antioksidan 137 kali lebih banyak daripada teh hijau biasa.

Kapan waktu yang tepat minum teh hijau?

Teh hijau merupakan herbal yang sangat kuat. Jika sembarangan minum Anda bisa mengalami nyeri lambung, mual dan insomnia.

Waktu terbaik minum teh hijau adalah diantara waktu makan dan setidaknya 1 jam setelah makan.

Hindari minum teh saat perut kosong di pagi hari, kenapa? Karena teh hijau mengandung katekin dan kafein yang dapat merangsang produksi asam lambung dan menyebabkan ganguan pencernaan. Dan jangan minum teh hijau saat makan, kenapa? Karena dapat menganggu penyerapan protein, lemak dan zat besi.

Jika Anda sensitif terhadap kafein dan rentan mengalami insomnia, hindari minum teh hijau pada sore hari dan malam hari.

7 Resep Minuman Teh Hijau

Berikut ini 7 resep teh hijau terbaik untuk diet sehat turunkan berat badan secara alami dan cepat.

1. Es Lavender & Teh Hijau

Minuman ini rendah kalori, bunga lavender memberikan rasa halus pada es teh tanpa gula ini.

Bahan:

– 1,5 sdt bunga lenvender kering
– 4 kantong teh hijau

Cara:

Masukan ½ cangkir air kedalam panci, masak hinga mendidih. Angkat panci, masukan teh dan lavender, biarkan selama 5 menit. Saring teh ke dalam mangkuk dan biarkan sampai dingin. Tuangkan teh ke dalam gelas berisi es.

2. Smoothie Green Tea, Kiwi dan Mangga

Ini adalah salah satu resep smoothie yang lezat menyegarkan dan membantu menurunkan berat badan.

Bahan:
– 2 ½ cangkir mangga potongan dadu
– ¾ cangkir yogurt vanilla bebas lemak
– ¼ cangkir madu
– ½ sdt kulit jeruk nipis diparut
– 3 potong buah kiwi
– ½ cangkir bayam
– 2 sdm green tea
– 2 sdm air
– 2 cangkir es

Cara:
Masukan mangga, ½ cangkir yogurt, air, kulit jeruk, 2 sdm madu ke dalam blender. Setelah di blender hingga halus, tuangkan campuran ini ke dalam 4 gelas dan tempatkan di freezer.

Bilas blender, masukan ¼ cangkir yogurt, 2 sdm madu, buah kiwi, bayam dan sisa bahan lainnya dan ulangi prosedur yang sama.

Dengan perlahan masukan campuran teh hijau ke campuran mangga dan hiasi minuman dengan irisan buah kiwi.

3. Teh Hijau dan Kranberi

Pilihan terbaik untuk menurunkan berat badan dalah dengan makan buah-buahan dan sayuran, salah satunya kombinasi dari teh hijau dengan kranberi.

Bahan:
– 4 kantong teh hijau
– ½ cangkir jus kranberi
– 3 cangkir air soda dingin
– 1/3 cangkir gula
– 1/3 cangkir air

Cara:
Masukan air ke dalam panci, panaskan hingga mendidih, masukan gula, aduk sampai larut dan dinginkan. Masukan kantong teh ke ke dalam 2 gelas berisi air mendidih selama 2 menit.

Ambil kantong teh dan biarkan dingin. Tuangkan teh ke dalam 4 gelas, tambahkan jus kranberi dan terakhir masukan air soda.

4. Smoothie Teh Hijau, Almond dan Blue Berry

Smoothie ini mengandung semua bahan yang dapat meningkatkan metabolisme dan membakar lemak di sekitar pinggang Anda.

Bahan:
– 2 kantong teh hijau
– 2 cangkir yogurt vanilla bebas lemak
– 12 ons kacang almond panggang
– 2 sdm biji rami
– ¾ cangkir air
– 3 es cube

Cara:
Masukan teh hijau ke dalam air mendidih, biarkan selama sekitar 4 menit. Peras dan buang kantong teh, biarkan selama semalam. Masukan semua bahan ke dalam blender, proses hinga halus, masukan campuran ini ke dalamn gelas berisi es.

5. Es Green Tea

Teh hijau dalam bentuk murni adalah salah satu bahan alami terbaik untuk meningkatkan metabolisme.

Bahan:
– 8 kantong teh hijau
– 4 cangkir air mendidih
– 2 cangkir air dingin
– ½ cangkir pemanis buatan non kalori

Cara:
Masukan teh ke dalam panci, tuangkan air mendidih dan biarkan dingin selama sekitar 5 menit. Buang kantong teh, masukan pemanis, air dingin dan aduk selama 2 menit.

6. Teh Hijau, Serai dan Jahe

Dengan kadar kafein rendah dan antioksidan hadir dalam teh ini membuat Anda merasa berenergi sepanjang hari.

Bahan
– 1 batang serai
– 5 kantong teh hijau
– 7 potong jahe
– ½ cangkir gula

Cara:
Cuci serai hingga bersih, potong sepanjang 2 ichi dan geprek dengan pisau.

Ambil 2 cangkir air, jahe dan gula, masukan ke dalam panci, masak hingga mendidih. Angkat panci, tambahkan teh dan biarkan selama 5 menit. Ambil kantong teh dan biarkan dingin selama 30 menit. Saring teh ke teko, biarkan selama 2 jam. Teh siap diminum dan serai digunakan untuk mengaduk.

7. Raspberry Green Tea

Raspberry merupakan buah terbaik untuk dijadikan jus penurunan berat badan. Xylitol dalam raspberry adalah pengganti gula rendah kalori sehingga penderita diabetes dapat menikmati minuman tanpa menambahkan gula. Raspberry juga kaya akan vitamin A, C dan E.

Bahan:
– 1 cangkir raspberry
– 2 kantong teh hijau

Cara:
Tuangkan air mendidih ke dalam cangkir. Masukan kantong teh hijau ke cangkir dan biarkan selama 5 menit dan kemudian buang kantong tehnya.

Panas 1 cangkir air dalam panci besar, tambahkan raspberry dan didihkan dengan api sedang, biarkan mendidih sampai raspberry hancur.

Tambahkan campuran raspberry ke dalam cangkir teh, biarkan dingin, simpan di lemari es selama 1 jam, saring dan siap diminum.

8. Melon dan Teh Hijau

Melon terkenal dengan sifat penurunan berat yang membuatnya menakjubkan dan teh hijau efektif untuk menurunkan berat badan.

Bahan:
– 2 kantong teh hijau
– 4 sdt mint cincang
– 2 sdt gula pasir
– 1/2 cangkir melon

Cara: Panaskan secangkir air dalam panci, masukan teh hijau, tunggu selama 5 menit dan buang kantong teh.

Panaskan lagi secangkir air dalam panci tambahkan daun mint, melon dan gula, memasak melon di atas api sedang sampai lembut.

Tuangkan teh dan campuran melon ini ke dalam gelas, aduk rata dan bekukan selama 2 jam. Saring dan diminum dingin.

Related Post
{ 0 comments… add one }

Leave a Comment