≡ Menu

Senam Zumba: Langsingkan Perut & Turunkan Berat Badan

Senam Zumba: Langsingkan Perut & Turunkan Berat Badan

Senam Zumba untuk langsingkan perut dan menurunkan berat badan.  Belakangan ini memang mulai banyak bermunculan beberapa jenis senam, seperti senam pilates, dan lain-lain.

Jika kamu masih mencoba mencari beberapa alternatif senam untuk menurunkan berat badan dan meratakan perut yang buncit, kamu mungkin harus mencoba Zumba yang memiliki sensasi aerobik.

loading...

Latihan Zumba bisa bermanfaat untuk membakar kalori dan dapat juga membantu menurunkan berat badan.

Biasanya, senam ini diiringi dengan musik latin yang mengandalkan gerakan-gerakan tari kontemporer. Gerakannya sangat menyenangkan dan mudah untuk diikuti.

Sejarah singkat Senam Zumba

Awal mula Senam Zumba berasal dari negara Kolombia, Zumba berarti bersenang-senang dan bergerak dengan cepat.

Gerakannya yang dinamis melibatkan gerakan aerobik yang dikemas sedemikian rupa sehingga membentuk sebuah tarian yang menyehatkan.

Pencipta dari senam ini adalah Alberto Perez. Senam itu sendiri sebenarnya tercipta tanpa sengaja.

Alberto Perez yang sejatinya adalah seorang instruktur senam, pada suatu saat lupa membawa kaset musik untuk kelas senamnya sehingga terpaksa harus memutar musik latin.

Namun tidak disangka, ternyata dari ketidaksengajaan tersebut kemudian terciptalah senam dengan irama musik latin yang kemudian dinamakan dengan zumba.

Beberapa tarian yang digunakan di dalam Senam Zumba

Ada banyak variasi gerakan tari yang bisa dilakukan saat melakukan program Zumba. Dan berikut adalah beberapa diantaranya. Salsa, meringue, mambo, flamenco, samba, cha-cha-cha, tenggo, hip hop, tarian perut, dan lain-lain.

Manfaat Senam Zumba

Senam Zumba memiliki soundtrack yang menarik dan memiliki gerakan yang sangat teratur serta menyenangkan.

Musiknya yang alami akan membantu kita melakukan perubahan gerakan dengan sangat baik.

Beberapa gerakan tersebut diantaranya adalah kardio dan penguatan otot. Jadi, manfaat paling besar yang bisa kita dapatkan dari senam ini adalah untuk membakar lemak di tubuh.

Latihan zumba yang menyenangkan dan mudah dilakukan akan membuat kita mudah untuk menikmatinya serta selalu ingin mencobanya setiap hari.

Beberapa keunggulan Senam Zumba diantaranya adalah, memiliki alunan musik yang berbeda, kemudian senam ini juga sangat efektif karena melibatkan latihan aerobik sehingga bagus untuk kebugaran secara keseluruhan. Dan yang paling penting, Senam Zumba sangat menyenangkan.

Seberapa banyak kalori yang terbakar saat melakukan Zumba?

Sebenarnya setiap latihan sangat relatif dan akan menghasilkan pembakaran kalori yang bervariatif. Saat melakukan senam ini, kalori yang terbakar tergantung pada berat badan individu, tingkat kebugaran, komposisi otot dan laju metabolisme.

Jika kamu melakukan satu sesi selama kurang lebih 1 jam, kemungkinan kamu bisa membakar kalori antara 300 hingga 600 kalori tergantung dari intensitas zumba yang kamu lakukan.


Gerakan Senam Zumba untuk langsingkan perut dan menurunkan berat badan

1. Pemanasan

Sebelum memulai latihan inti, ada baiknya kamu melakukan gerakan-gerakan pemanasan atau warm-up untuk menghindari cedera dan untuk meningkatkan metabolisme dan untuk membiasakan otot-otot terlebih dahulu.

Beberapa gerakan pemanasan yang bisa kamu lakukan diantaranya adalah:

Jalan ditempat dengan 8 hitungan (1 set). Kamu bisa melakukannya setidaknya dua set kemudian lakukan juga jogging setidaknya 2 set.

Kemudian untuk melenturkan beberapa bagian tubuh, kamu bisa melakukan gerakan lambat yang ringan dengan cara bergerak kekiri dan kekanan dengan menyilangkan kaki serta tangan. Lakukan setidaknya dua set.

Jika kamu sudah merasa terbiasa, kamu bisa meningkatkan intensitasnya dengan mempercepat gerakan. Terakhir, kamu bisa melemaskan otot-otot di bagian paha, pinggang, dan lengan dengan melakukan peregangan.

2. Gerakan dasar meringue march

Setelah kamu melakukan pemanasan, kamu bisa memulai gerakan Senam Zumba atau zumba dance dengan merengue march.

Cara melakukannya, berdirilah dengan sedikit menungguku lutut kemudian letakkan kedua tangan di depan dada sejajar dengan bahu sambil menggenggam.

Kemudian putar pinggang sambil membuka kaki kanan sambil meluruskan tangan kiri ke arah samping kiri. Kemudian kembalilah ke posisi semula dan lakukan gerakan yang berlawanan.

Cara lain melakukan merengue adalah:

Mulailah dengan posisi sempurna dengan sedikit merapatkan kaki. Kemudian luruskan tangan kiri secara bergantian dengan tangan kanan ke arah samping sejajar dengan bahu sambil tangan yang berlawanan meneguk di sisi tubuh dengan tangan sejajar bahu.

Saat melakukan gerakan ini, kamu juga setidaknya harus menggoyangkan pinggul dan membuat ritme dengan kaki yang sedikit diangkat atau berjinjit.

Variasi gerakan ini bisa dilakukan dengan menggunakan dumbbel setengah kilo di kiri dan kanan tanganmu. Lakukan sebanyak 2 set.

3. Marangue dinamis

Gerakan Marangue dinamis bisa kamu mulai dengan posisi berdiri dengan mendekatkan kaki. Kemudian tekuk kedua lenganmu sambil ditempatkan di depan dada seperti gerakan berlari.

Sambil mengayunkan pinggul ke kiri dan ke kanan serta menggerakkan tangan ke depan dan ke belakang, selalu buka kakimu beberapa derajat sambil tetap menggoyangkan pinggang dan tubuh bagian atas serta lengan kemudian lakukan kembali gerakan dengan merapatkan kaki.

Gerakan Marangue dinamis ini biasanya diambil dari gaya mambo. Kamu bisa melakukannya sebanyak 4 set. Bagi menjadi dua set gerakan lambat dan 2 set gerakan cepat.

Manfaat dari gerakan ini adalah untuk mengencangkan otot dan membentuk pinggang. Kamu bisa memperhatikan antara gerakan statis dan gerakan dinamis untuk melatih otot-ototmu agar lebih kencang.

4. Gerakan zumba beto shuffle

Cara melakukan gerakan ini adalah dengan berdiri sambil membuka kaki atau mengangkang (tidak terlalu lebar).

Kemudian goyangkan pinggangmu diikuti dengan tubuh bagian atas serta lengan kekiri dan kekanan dengan hitungan dua kali kekiri dan dua kali ke kanan.

Semua bagian tubuh harus ikut bergerak mulai dari kaki lutut, pinggang, punggung, perut, lengan dan juga leher.
Gerakan ini bermanfaat untuk merampingkan area pinggang dan mengencangkan otot lengan.

5. Gerakan inti (salsa)

Gerakan inti pada zumba biasanya adalah gerakan salsa. Gerakan ini cukup mudah dilakukan. Caranya. Kamu bisa menggoyangkan pinggang dengan meletakkan tangan di depan perut sambel menggoyangkannya kemudian secara bergantian buka kaki kiri dan kaki kanan.

Variasi selanjutnya bisa dilakukan dengan membuka kaki ke depan dan ke belakang.

Sedangkan variasi lainnya, bisa dilakukan dengan membuka kaki ke arah samping atau menyerong sambil menggoyangkan pinggang dengan hitungan 2 langkah ke kiri dan 2 langkah ke kanan.

Untuk melakukan senam Zumba di rumah, kamu bisa lihat video di atas.

Related Post
loading...
{ 0 comments… add one }

Leave a Comment